You Are Here: Home» Bahaya Rokok , Dampak Buruk Rokok , Zat Rokok » How to Persuade Others to Stop Smoking?

Sebagai perokok pasif yang memiliki teman-teman yang gemar merokok, tidak ada salahnya mencoba membantu teman-teman Anda dengan menggunakan "Tantangan berhadiah" :
1. Tantang teman Anda yang gemar merokok dan tidak bisa lepas barang sedetik saja. Bila Anda menang, mereka harus menyerahkan rokok dan tidak boleh merokok pada hari tersebut, tetapi sebagai gantinya Anda tetap harus memberi reward pengganti rokok yang disuka oleh teman Anda tersebut.
2. Tantang teman Anda : " Coba sebutkan 10 keuntungan merokok dalam waktu 1 menit ! ". Pada saat Anda bertanya, langsung hitung waktu, dan biarkan teman Anda segera memikirkan jawabannya dengan cepat dan tanpa banyak bertanya. Bila mereka sungguh mencintai rokok, tentunya mereka paham keuntungan merokok bukan?
3. Bila teman Anda sudah berhasil menjawab 1 jawaban, gali jawaban tersebut terlebih dahulu untuk memastikan apa benar itu adalah sebuah keuntungan. Begitu pula dengan jawaban kedua, gali kembali untuk memastikan jawaban. Waktu terus berjalan.
4. Setelah 1 menit, ketika teman Anda tidak berhasil menjawab tantangan Anda. Anda bisa menyatakan bahwa sebenarnya dia berhasil memenuhi tantangan Anda untuk tidak merokok selama 1 menit ketika dia berpikir dan menjawab. Ketika pikiran dan perkataan mereka dialihkan untuk kegiatan yang lain, sebenarnya mereka bisa berhenti memikirkan sebatang rokok.
5. Bantu teman Anda dengan mengalihkan kegiatan merokok ke kegiatan lain yang bermanfaat dan menyenangkan. Ajak teman Anda mengobrol, bermain suatu permainan yang membutuhkan konsentrasi dan gerak kedua tangan, berolahraga, bermain musik dan band, atau hal-hal lain sesuai minat teman Anda tersebut.

(pojok asap team, inspired by cognitive behaviour therapy)


Source : http://pojokasap.blogspot.com/

0 komentar

Leave a Reply