You Are Here: Home» Cara Merkit Komputer , Jaringan Komputer , Kemanan Komputer , komputer dan Masyarakat , Komputer Masa depan , Komputerisasi , Materi Kuliah Keamanan Komputer , Teknik Komputer » PADUAN LENGKAP CARA MERAKIT KOMPUTER


Biasanya orang mempercayakan perakitan komputer kepada teknisi atau toko komputer dan sering memasrahkan penggunaan hardware kepada mereka, padahal kita bisa memilih dan membeli berbagai hardware sesuai kebutuhan kita dan kita bisa pasang atau rakit sendiri menjadi satu pc, pada postingan ini saya akan memberikan tutorial cara merakit komputer agar sobat bisa merakit komputer secara mandiri, saya berikan penjelasan beserta gambar-gambarnya dan jika kurang jelas saya sudah menyiapkan video tutorial cara merakit komputer di akhir postingan ini.
Komponen-Komponen Komputer

Sebelum merakit komputer persiapkan terlebih dahulu semua komponen-komponen nya seperti motherboard, processor, heatsink, memory dan lainnya. 


Processor






Processor dapat dikatakan sebagai otak komputer karena processor berfungsi mengatur semua pekerjaan yang dilakukan sebuah komputer, processor biasa disebut juga central processing unit atau CPU, processor berkaitan dengan kinerja sebuah komputer, semakin bagus processor yang kita gunakan semakin bagus pula kinerja dari sebuah komputer

Motherboard



Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.


 VGA Card



VGA Card ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.


Memori




Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup).


Hardisk




Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis, media penyimpan data dengan kapasitas memori yang besar untuk menyimpan sistem operasi dan menyimpan data-data pekerjaan kita.


Optical Drive



Optical Drive merupakan perangkatat keras penyimpanan data dengan media penyimpanan berupa keping CD/DVD dan menggunakan teknologi optik, teknologi optik yang diputarkan adalah media kaset, kaset yang digunakan untuk menulis dan membaca data.

 
Cashing



 
Cashing merupakan komponen yang berguna untuk melindungi komponen-komponen hardware dalam CPU agar aman dari gangguan luar yang dapat merusak komponen-komponen tersebut seperti debu, air dan lainnya.


Power Supply


 
Power supply berfungsi sebagai penyuplai tegangan listrik pada motherboard dan beberapa peripheral lainnya yang ada didalam cashing, ada dua jenis power supply yang biasa digunakan yaitu model AT dan model ATX


Kabel Data dan Kabel Power
  



Data dan Kabel Power berfungsi untuk menghubungkan semua perangkat hardware sehingga menunjang kinerja komputer secara keseluruhan.


Monitor






Monitor untuk menampilkan dari hasil kerja yang telah diolah processor, sebuah layar seperti televisi yang diukur dari panjang diagonal layarnya.




Mouse dan Keyboard



Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer.

 Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.


Baut-baut dan Toolkit


Baut-baut dan Toolkit berguna dalam merakit komputer, agar semua komponen komputer terpasang dengan baik.


 Cara Merakit Komputer Secara Mandiri

Setelah kita mempersiapkan semua komponen, kita bisa mulai merakit komputer, yuk langsung aja disimak dan jika sobat membutuhkan komputer rakitan yang murah dan berkualitas, sobat bisa memesannya, silahkan klik komputer rakitan lihat info selengkapnya di sana.

  • Pertama persiapkan motherboard, lalu persiapkan processor, ambil processor lalu perhatikan lengkungan pada processor dan socket processor, tarik tuas pengunci pada socket processor pada motherboard sehingga tuas pengunci pada posisi tegak, letakkan processor dengan baik pada socket nya kemudian tarik tuas pengunci agar mengunci processor dengan sempurna.




  • Oleskan pasta pada processor dan heatsink, kemudian ambil heatsink dan kipas processor lalu letakkan diatas processor.




  • Tancapkan kaki-kaki heatsink pada lubang-lubang di sekitar processor kemudian kencangkan dengan obeng.




  • Pasang kabel power kipas processor pada socket yang bertuliskan CPU Fan, socket ini berada disekitar processor.




  • Selanjutnya kita persiapkan memory dan memasangnya, perhatikan dulu tipe slot memory pada motherboard, pastikan tipe memory yang sobat gunakan sesuai dengan tipe memori tersebut. Buka kedua pengunci pada slot memory yang terletak pada motherboard, pasang memory dengan benar lalu tekan hingga terdengar bunyi klik dan socket memory otomotis mengunci.




  • Selanjutnya kita memasang power supply, biasanya dalam setiap pembelian komputer, power supply sudah terpasang di cashing, namun jika sobat ingin mengganti power supply, sobat bisa mengikuti langkah berikut ini; tidurkan cashing dengan posisi pada bagian kanan nya menghadap keatas, letakkan power supply pada bagian belakan atas cashing, tepatnya pada pojok kanan atas. Pasang dan kencangkan baut power supply agar power supply tidak goyah dan jatuh.




  • Selanjutnya kita pasang motherboard, pasang baut penyangga terlebih dahulu pada cashing, baut-baut ini biasanya berwarna keemasan, sesuaikan lubang-lubang pada motherboard dengan lubang-lubang pada cashing kemudian pasang dan kencangkan bautnya, masukkan motherboard dengan hati-hati dengan posisi mendatar kemudian pasang baut pengunci motherboard dan kencangkan menggunakan obeng.



 

  • Selanjutnya kita memasang hardisk, sebelum memasang hardisk lakukan konfigurasi jumper terlebih dulu caranya bisa dilihat pada badan hardisk. Pasang hardisk pada bagian depan bawah cashing, masukkan hardisk dengan cara mendorongnya ke dalam cashing dan pastikan posisi sirkuit menghadap ke bawah lalu pasang dan kencangkan baut pada bagian samping hardisk, lalu pasang kabel data dan kabel power, pasang kabel data hardisk, ujung yang satu dihubungkan ke hardisk dan ujung yang lain dihubungkan ke motherboard lalu pasang salah satu kabel power supply ke hardisk (cari kabel power supply yang terdekat dengan hardisk)



 
  • Setelah itu kita memasang optical drive, lepas bagian penutup rak logam pada cashing dengan cara mendorong bagian atas dan bagian bawahnya, lalu masukkan optical drive dari depan atas cashing lalu pasang baut pada bagian samping optical drive dan kencangkan baut menggunakan obeng, pasang kabel data dan kabel power nya seperti memasang kabel data dan kabel power hardisk.


  • Selanjutnya kita pasang VGA Card nya, pastikan motherboard sobat memiliki slot VGA eksternal sesuai dengan VGA yang sobat gunakan, lepaskan logam penutup slot VGA pada cashing lalu letakkan VGA Card pada motherboard, tekan pada bagian atas VGA Card hingga terpasang dengan benar, pemasangan VGA Card sudah benar jika VGA Card terpasang dalam keadaan lurus dan semua pin VGA Card terpasang pada slotnya di motherboard, pasang dan kencangkan baut VGA Card yang menempel pada cashing.

 
  • Selanjutnya kita menghubungkan kabel pada semua komponen komputer, memasang kabel power supply kita perhatikan dulu tipe socket power supply pada motherboard, untuk motherboard keluaran terbaru socket power supply nya memiliki 24 pin, sobat bisa langsung menghubungkan kabel tersebut.


  • Lalu hubungkan konektor ATX 12 V yang terdiri dari 4 pin dengan 2 kabel berwarna kuning dan 2 kabel berwarna hitam pada socket power yang terletak disekitar processor.


  • Selanjutnya kita menghubungkan kabel konektor cashing dengan motherboard, sebelum memasang kabel konektor baca terlebih dulu buku petunjuk motherboard, pastikan konektor yang sobat pasang sesuai dengan buku petunjuk tersebut. Jenis kabel yang harus dihubungkan antara lain adalah; Power LED, Power Switch, Reset Switch, HDD LED, Speaker dan konektor front USB.





  • Jika sudah terpasang dengan benar semua, tutup cashing komputer lalu tegakkan cashing komputer lalu pasang kabel-kabelnya, seperti kabel power, kabel monitor, kabel keyboard dan kabel mouse, jika ada speaker tancapkan kabel nya juga.





1 komentar

  1. mantap artikelnya
    jellygamat-qnc.xyz

Leave a Reply