You Are Here: Home» FIlsafat , Kata Motivasi , Motivasi hari Ini , Motivasi Hidup , Teori Motivasi » TEORI MOTIVASI


A.    Pengertian
Motif atau motivasu berasal dari kata latin Moreve yang berarti dorongan dari dalam diri manusia untuk bertindak atau berperilaku. Pengertian motivasi tidak lepas dari kata kebutuhan atau needs  atau want. Kebutuhan adalah suatu porensi  dalam diri manusia  yang perlu ditanggapi atau direspon.  Tanggapan terhadap kebutuhan tersebut diwujudkan dalam bentuk tindakan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut dan hasilnya adalah orang yang bersangkutan merasa atau menjadi puas. Apabila kebutuhan tersebut belum direspon maka akan selalu berpotensi muncul kembali sampai denganterpenuhinya  kebutuhan yang dimaksud. Misalnya seorang yang telah lulus sarjana, akan menimbulkan kebutuhan mencari pekerjaan, dan sekaligus sebagai pemenuhan kebutuhan fisik (makan). Untuk pemenuhhan kebutuhan tersebut ia mencari pekerjaan dan selama pekerjaan belum diperoleh  maka kebutuhan itu akan selalu muncul  sampai didapatnya pekerjaan. Banyak batasan pengertian tentang motivasi ini antara lain sebagai berikut ini :
1.      Pengertian motivasi seperti yang dirumuskan  oleh Tery G (1996) adalah keinginan yang terdapat pada diri seorang individu yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan atau tindakan-tindakan , tingkahlaku atau perilaku.
2.      Sedangkan Stonner (1992) mendefinisikan bahwa motivasi  adalah sesuatu hal yang menyebabkan dan yang mendukung tindakan atau perilaku seseorang.
3.      Dalam konteks pengembangan organisasi, Flippo (1984) merumuskan bahwa motivasi adalah suatu arahan pegawai dalam dalam suatu organisasi  agar mau bekerja sama dalam mencapai keinginan para pegawai dalam rangka pencapaian keberhasilan organisasi.
4.      Dalam konteks yang sama, Duncan (1981) mengemukakan bahwa motivasi adalah setiap usaha yang didasarkan untuk mempengaruhi perilaku seseorang dalam meningkatkan tujuan organisasi semaksimal mungkin.
5.      Knootz (1972) merumuskan bahwa motivasi mengacu pada dorongan dan usaha untuk memuaskankebutuhan atau suatu tujuan.

0 komentar

Leave a Reply