You Are Here: Home» kelemahan Komputer dalam Bidang Pendidikan , Kelemahan Penggunaan komputerisasi , komputer dan Masyarakat » KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMPUTERISASI DALAM BERBAGAI BIDANG


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMPUTERISASI DALAM BERBAGAI BIDANG

Oleh : PHILIPUS NAHAYA n MARTINUS INDI

A.     Dalam Bidang Pendidikan

Keuntungan :
1.     Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2.     Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.     Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4.     Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

Kerugian :
1.    Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.     Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.    Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

B.     Dalam Bidang Seni

Kekurangan:
Akhir-akhir ini pembajakan terhadap karya seni di Indonesia kian meningkat, sehingga merugikan para pemusik tersebut dan tentunya Negara juga dirugikan. Karya musik yang disajikan akhir-akhir ini terlalu banyak melakukan perubahan oleh file Midi tersebut sehingga terdengar rapi dan bagus. Sehingga apabila ada konser Live pasti penonton kecewa karena apa, yang disajikan tidak sebaik yang di kaset. Misalnya : Konser AM 1, suara di kaset berbeda dengan penampilan Live, ini disebabkan converter[ Proses Edit ] yang berlebihan.

Kelebihan :
Bagi pendatang baru yang ingin terjun ke dunia musik tetapi tidak mempunyai kemampuan yang lebih, maka dapat menggunakan file Midi tersebut. Karena dengan menggunakan file Midi ini apa saja dapat terjadi, suara yang sember bisa terdengar enak.


C.    BIDANG INDUSTRI
Di bidang industry, computer telah dipergunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan kecepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numeric atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aidad Design (CAD) yaitu merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industry atau pabrik, missal sebuah mesin serba guna dalam industry logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industry logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin dalam industry garmen yang dilengkapi dengan kendali computer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.

Selain itu industry modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industry yang dikontrol oleh computer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh computer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard computer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televise, radio/ tape dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil motor atau alat-alat berat lain telah dikendalikan oleh computer.

TEMPO.CO, Taipei -Kinerja produsen komputer Asia melemah pada akhir tahun lantaran terpengaruh kelangkaan pasokan beberapa jenis suku cadang. Pasokan hard disk dan kartu grafis dari Thailand masih seret lantaran beberapa pabrik belum pulih setelah musibah banjir.

Kantor berita Central News Agency Taiwan melaporkan, saham pabrikan komputer besar seperti Acer, Quanta Computer, dan Pegatron Corp turun masing-masing 1,75 persen, 2,83 persen, dan 1,96 persen dalam perdagangan kemarin. Di Korea Selatan, saham Samsung Electronic dan Hynix Semiconductor juga turun 1,29 persen dan 2,02 persen. Sedangkan di Jepang, rata-rata saham perusahaan komputer dan semikonduktor anjlok hingga 3 persen.

Perusahaan Asia rupanya terkena sentimen negatif turunnya proyeksi penjualan Intel Corporation. Intel, pemasok utama dunia untuk microchip dan beberapa komponen lain, menurunkan prediksi penjualan kuartal keempat dari US$ 15,2 miliar menjadi US$ 13,4 miliar. Margin keuntungannya pun terpangkas dari 65 persen menjadi di bawah 64 persen.

Manajemen Intel mengatakan anjloknya penjualan terutama karena pasokan hard disk mulai langka. "Dua pekan terakhir, para pelanggan mengurangi pemesanan secara bertahap, diduga akan berlanjut hingga kuartal pertama tahun depan," kata Senior Vice President Intel Tom Kilroy seperti dikutip BBC. 
Hal ini pun mempengaruhi kinerja produsen komputer dunia. Perusahaan riset iSuppli memperkirakan penjualan komputer dunia pada kuartal I tahun depan turun dari 88 juta unit menjadi 84,2 juta unit. 
Anjloknya penjualan juga dialami produsen Asia, seperti Quanta, Acer, dan Pegatron, yang menjadi konsumen utama microchip Intel. November lalu, Quanta membukukan penjualan senilai NT$ 96,86 miliar, turun 9,7 persen dibanding Oktober dan 3,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

D.    BIDANG PERDAGANGAN
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia Heinrych Napitupulu menyatakan, perusahaan perdagangan dapat berperan sebagai penyeimbang perdagangan Indonesia masa mendatang. Hal tersebut dinyatakan seusai menjadi salah satu pembicara dalam Leadership Forum on State Owned Enterprises yang diselenggarakan Forbes Indonesia di Jakarta, Selasa (22/5/2012).
Menurut Heinrych, fungsi penyeimbang perdagangan dapat dimainkan dengan menjadi penyeimbang antara pasokan dan permintaan terhadap komoditas-komoditas yang dianggap memerlukan perlindungan daya saing. Selain itu, memerankan fungsi konsolidasi ekspor komoditas sehingga dapat memperluas pasar produk Indonesia ke luar negeri. Hal ini telah diterapkan pemerintah dalam tata niaga gula dan garam.
Heinrych menjelaskan, jika stok komoditas dalam negeri berlebih (surplus), dapat saja dilakukan ekspor. Sementara jika ada defisit stok dalam negeri dibandingkan dengan kebutuhan, perusahaan perdagangan dapat melakukan impor sesuai dengan kuota setelah menyerap seluruh stok dalam negeri dengan harga minimum yang telah ditetapkan. "Dengan demikian, produsen dalam negeri tidak akan dirugikan," ujarnya.
Guna memperbesar penetrasi pasar ekspor, menurut Heinrych, ekspor sebaiknya terkonsolidasi, seperti Sogo Sosha Jepang yang mampu memasarkan produk Jepang menjadi produk global atau Vinafood Vietnam sehingga negara tersebut menjadi eksportir beras terbesar di dunia.
Hal tersebut dia kemukakan menanggapi pertanyaan panelis lain dalam forum tersebut, Andrew Tani (Founding Partner Andrew Tani & Co), tentang kemungkinan badan usaha milik negara Indonesia merambah pasar global, seperti yang telah dilakukan Sogo Sosha di Jepang.

E.     TEKNOLOGO INFORMASI
Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Namun, tidak semua kemajuan yang telah dicapai tersebut membawa dampak positif. Diantara kemajuan yang telah dicapai tersebut ternyata dapat membawa dampak negatif bagi manusia. Dibawah ini akan dipaparkan dampak positif (keuntungan) dan negatif(kerugian) dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan pemerintahan.


0 komentar

Leave a Reply